Profil Diklat Pusat

Profil Daerah


PROFILE LATBANG

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 62 tahun 2010, tugas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan Keluarga Berencana. Dalam melaksanakan tugasnya tersebut, salah satu fungsi yang diselenggarakan BKKBN adalah pelatihan, penelitian dan pengembangan di bidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan Keluarga Berencana yang dilaksanakan oleh Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan (Latbang) sebagai unsur pelaksana sebagain tugas dan fungsi tersebut.

Tugas Deputi Bidang Latbang di area pelatihan adalah perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan kebijakan teknis, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria (NSPK), pelaksanaan pemantauan dan evaluasi serta pemberian bimbingan dan fasilitasi di bidang pendidikan dan pelatihan (Diklat) pengendalian penduduk, KB, KR serta KS dan PK. Unit eselon II di tingkat Pusat yang melaksanakan tugas penyelenggaraan Diklat di tingkat nasional adalah Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kependudukan dan Keluarga Berencana (Pulap). Fungsi dalam menyelenggarakan tugas tersebut antara lain penyiapan perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan Diklat, pelaksanaan pemantauan dan evaluasi, pemberiaan bimbingan teknis dan fasilitasi dan pelaksanaan urusan tata usaha di bidang Diklat serta pelaksanaan tugas lain dari Deputi bidang Latbang.

Pada tingkat unit pelaksana Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi, fungsi penyelenggaraan Diklat di bidang pengendalian penduduk, KB, KR, KS dan PK dilaksanakan oleh Bidang Pelatihan dan Pengembangan (tipe A) dan atau Bidang Advokasi, Penggerakkan, Informasi dan Pelatihan (tipe B). Fungsi yang dilakukan adalah pemberian fasilitasi dan pelaksanaan, pemberiaan bimbingan teknis dan fasilitasi, pelaksanaan urusan tata operasional dan pemantauan serta evaluasi di bidang Diklat. Sedangkan untuk fungsi di bidang tipe B adalah penyiapan bahan pembinaan, pembimbingan dan fasilitasi pelaksanaan kebijakan teknis, norma, standar, prosedur, kriteria serta pemantauan dan evaluasi di bidang Diklat.

Selanjutnya, unit pelaksana fungsi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di tingkat Kabupaten dan Kota adalah Balai Diklat Kependudukan dan Keluarga Berencana (Balai Diklat KKB). Tugas Balai Diklat KKB adalah melaksanakan Diklat teknis, fungsional, manajemen di bidang bidang pengendalian penduduk, KB, KR, KS dan PK. Fungsinya adalah penyusunan rencana program dan kerjasama, pelaksanaan Diklat, penyelenggaraan pemantauan dan evaluasi, pelaksanaan urusan kepegawaian, keuangan, perlengkapan, ketatausahaan, kearsipan dan kerumahtanggaan serta sarana dan prasarana Diklat dan hubungan masyarakat. Terdapat delapan Balai Diklat KKB yang tersebar di Pulau Jawa, yaitu : Balai Diklat KKB Bogor, Balai Diklat KKB Cirebon, Balai Diklat KKB Garut, Balai Diklat KKB Banyumas, Balai Diklat KKB Pati, Balai Diklat KKB Ambarawa, Balai Diklat KKB Malang, dan Balai Diklat KKB Jember.

VISI dan MISI

Visi Latbang : “Memperkuat SDM Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dan Insititusi Pelatihan yang Profesional”.

Misi Latbang :
a. Mewujudkan SDM pengelola dan pelaksana program Kependudukan dan Keluarga Berencana yang berkualitas;
b. Mewujudkan institusi Balatbang dan Balai Diklat yang profesional.

(Sumber: Laporan Tahunan 2011)


Profil
Informasi